Penang

Penang (atau Pinang) adalah sebuah pulau sekaligus negara bagian dari Malaysia. Lokasinya terletak di sebelah barat Semenanjung Malaysia dan berada di tengah-tengah selat Malaka. 

Jarak Penang dengan Kuala Lumpur sekitar 350 km.

Penang International Airport berada di daerah Bayan Lepas, Bandaranya kecil tapi cukup lengkap.





Penang selain terkenal sebagai kota pendidikan buat pelajar dan juga banyak orang yang berobat di rumah sakit di Penang, harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan Singapura.


Transportasi,  hampir semua lokasi wisata yang ada di Penang sangat mudah diakses dengan menggunakan Rapid Penang. Kita dapat menggunakan jasa bus Rapid Penang ini dari terminal Kompleks Tun Abdul Razak (KOMTAR) dan Jetty untuk mengakses berbagai tempat dengan tarif yang terjangkau. Tentu kita bisa menghemat pengeluaran berlebih jika dibandingkan dengan menggunakan taksi yang akan memakan biaya transportasi yang besar. 
Dan jika Anda mengunakan taksi di luar taksi umum, akan lebih murah. Di Penang,  taxi tidak selalu memakai argometer, disana taxi harus tawar menawar Tidak menggunakan argometer. Untuk jarak jauh berkisar RM 30- RM 40, sedangkan untuk lokasi yang dekat berkisar RM 5 – RM 10.., jadi kalau mau aman, belilah kupon taxi di counter yang telah disediakan dengan menyebutkan kemana tujuan kita

Berhati-hatilah naik taksi, untuk para wisatawan biasanya mereka akan ngajak kita ke suatu tempat dulu (biasanya pusat oleh2) sebelum akhirnya kita dibawa ketempat  tujuan. Ditengah jalan2 supirnya ngasih tau tempat2 seperti pembuatan coklat, tempat kopi, dll  dengan mencoba merayu supaya kita berkunjung ke tempat tersebut.

kita dapat mencapai daerah seputar George Town sekitar 20-30 menit dengan menggunakan mobil.

Semua tourism spot di atas berdekatan lokasinya, sehingga dapat ditempuh dengan kombinasi jalan kaki santai dan menaiki CAT Free Shuttle Bus, bus gratis yang akan membawa penumpangnya ke 19 titik wisata unggulan Penang.



Rute antara Weld Quay Jetty dan Komtar pada interval 15 menit dari jam 6-12midnight.


the Queen Victoria Memorial Clock Tower, Fort Cornwallis, Penang War Memorial, City Hall, Penang Supreme Court Building, Cathedral of the Assumption, Penang State Museum, Goddess of Mercy Temple, The Pinang Peranakan Mansion, Church Street Pier, Mahamariamman Temple, Khoo Kongsi, Cheong Fatt Sze Mansion, Francis Light's grave 




Cicipi makanannya !


Penang adalah destinasi wisata kuliner di Malaysia, pernah meraih Gelar "The Best Street Food in Asia" oleh majalah TIME pada 2004


Orang Malaysia sendiri mengakui bahwa makanan paling enak se-Malaysia ada di Penang. Selain enak, juga murah! Char Koay Teow (kwetiaw goreng), Koay Teow Soup (kwetiaw kuah), Hokkien Mee, Lor Bak, Chee Cheong Fun, Wan Tan Mee, Pork Porridge, rata-rata cuma RM 3/porsi. Untuk makanan halal jangan kuatir, ada Nasi Kandar (nasi campur ala India), Roti Canai, Assam Laksa, Nasi Lemak, Fried Oyster dengan harga RM 1 – RM 5 aja.  


Es kacang adalah sejenis es campur dengan ciri khas ada kacang merah dan jagung manisnya. Es krim berwarna kuning yang ada di bagian paling atas adalah es krim rasa jagung

Penang Rojak adalah versi buah rujak ditemukan di Penang, Malaysia. Menggunakan jambu air, jambu biji, cumi goreng, serta mangga mentah, dan biasanya tanpa tauge dan tahu goreng puff. Saus yang digunakan cenderung sangat tebal, hampir seperti permen.



Di Penang ada kota yang terkenal dengan duriannya, namanya Balik Pulau. Durian Balik Pulau jenis yang paling mahal dan paling nikmat yaitu durian Raja Kunyit. Durian ini dagingnya tebal, manis banget dan bijinya kecil 

Ingat, penerbangan tidak memperbolehkan durian masuk ke pesawat, meskipun ditaruh di bagasi sekalipun. Dan jangan lupa untuk tidak membawa durian ke hotel karena Anda akan didenda cukup besar untuk kesalahan ini.



Sameera ChathurangaPosted By Admin

You can also design your own tour contact me

Thank You