wisata di Lombok



Di bawah ini beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat anda berlibur ke Lombok:

Pantai Senggigi 
adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah 
Di pantai banyak penjaja cinderamata, berupa mutiara budidaya air tawar yang berwarna warni, mulai dari harga Rp.25.000,- Juga penjaja kaos bertuliskan Lombok dan Senggigi, serta ukiran khas Lombok pada kayu, bisa berupa tempat buah, topeng dan lain-lain.
Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.

Gili Trawangan 
GILI TRAWANGAN, GILI MENO dan GILI AIR
Ketiga pulau kecil yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Utara menyimpan keindahan biota lautnya yang sangat luar biasa, asri dan alami. Pulau Pulau ini merupakan wilayah wilayah yang sangat berdekatan satu sama lainnya. Berjarak kurang lebih 20 Km. Masing masing memiliki pantai berpasir putih dengan terumbu karang yang masih asri dan alami terjaga dengan baik oleh masyarakat sekitar
Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan adalah yang terbesar, memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai "Tîr na Nôg" mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. 


Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau. Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

Pantai Kuta, Lombok
Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.

                                                      

Taman Narmada
adalah sebuah taman yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan permandian keluarga raja (Sewaktu masih masa kerajaan di Mataram). Di taman ini terdapat kolam renang dan sebuah Pura Hindu. Tempat ini juga mempunyai mata air awet muda, yang dipercaya akan memberi umur panjang bagi siapa yang meminum air dari mata air ini. 


Pantai Pink
Pasir pantai Tangsi berwarna kemerahan karena terkena pecahan hewan karang yang yang berwarna merah menyala ini yang banyak terdapat di bawah laut pantai Tangsi. Asyiknya lagi pantai ini landai dan dangkal sehingga kita bisa bebas berenang dan snorkling tanpa takut arus yang deras. Belasan meter dari bibir pantai, kedalaman airnya hanya hingga sedada orang dewasa.




Rumah adat suku sasak sade

Di kedua desa ini, anda bisa menyaksikan kehidupan sehari hari masyarakat Suku Sasak yang berdomisili diatas perbukitan dan yang sangat menarik sekali lantai rumahnya terbuat dari campuran kotoran sapi dan tanah liat sebagai pengganti semen, kehidupan masyarakatnya yang masih memegang teguh adat istiadat nenek moyang mereka dapat anda temui di tempat ini.


Pusuk berarti puncak,
bisa ke Air Terjun Sendanggile, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, yang merupakan gerbang pendakian Gunung Rinjani (3.726 meter). Di Pusuk terdapat ratusan ekor monyet yang selalu setia menanti dipinggir jalan untuk diberi makan oleh pengendara yang lalu lalang melintas dijalan yang berkelok-kelok.jalan di pusuk memang terlihat seperti kawasan puncak yang menawarkan sensasi yang berbeda bagi pengendara maupun turis asing.hutan lindung yang rimbun serta suara alam mengiringi monyet yang berjejer di pinggir jalan. Pantas jika disebut Pusuk Pass..jangan lupa membawa pisang jika berkujung ke Pusuk





Umumnya di Pulau Lombok dan Kota2 Mataram, toko2 mulai buka Jam 09.00 Pagi dan tutup pada Jam 08.00 Malam




Sameera ChathurangaPosted By Admin

You can also design your own tour contact me

Thank You